Pemeliharaan Ruh Dalam Pandangan Para Sepuh - Kang Aim Cimandor

Terbaru

Post Top Ad

Saturday, January 7, 2017

Pemeliharaan Ruh Dalam Pandangan Para Sepuh

(Kang Aim, Cirebon 08/01/2017) Tulisan kali ini memaparkan tentang pesan-pesan sesepuh akan pentingnya menjaga Ruh Idhofi. Dalam bacaan salah satu wirid Syekhuna yang dititipkan kepada Embah Ahmad Kebondanas dikenal sebuah do'a "Allahumma ruh madep cahya ngadeg, huripku cahya ning ruh, ruh huripku cahya ning Allah, Somad somud kelawan ruh idhofi..... dst".

ilustrasi

Kiyai Afandi menjelaskan bahwa Embah Ahmad Kebondanas menerapkan pemeliharaan ruh dengan 'urip sedina sewengi', yaitu dengan melatih bersyahadat dalam sehari semalam, kalau belum jadi maka dilanjutkan pada sehari semalam berikutnya, dan seterusnya sampai ruh idhofi tersebut menjadi 'huripku cahya ning ruh, ruh huripku cahya ning Allah'.

Ki Suta Jaya memaparkan bahwa hidup manusia ditopang oleh ruh idhofi, maka harus memeliharanya dalam hidup satu minggu, 'lamon cowang sedina, sirae cowang ning akherate' demikianlah beliau menegaskan. Penjabaran hidup seminggu akan dibahas dikemudian hari.

KH. Idris Anwar menjelaskan bahwa pemeliharaan Ruh Idhofi melalui Istiqomah Mudawamah, artinya menjalankan ilmu syahadatnya harus istiqomah/tetap dan mudawamah/tidak bolos. Dan keberhasilan dari pemeliharaan Ruh Idhofi seseorang dapat dilihat dari keberhasilan 'eling Allah' dalam posisi tidurnya.

Ny. Hj. Masturoh menceritakan bahwa KH. Abdurrosyid Wanantara (Abah Rosyid) dalam posisi tidur lelapnya terlihat bibir dan lidahnya yang terus bergerak mengucap kalimat Allah.

K. Masrukhin Kudus memaparkan Ruh Idhofi ini menjadi modal utama menghadap Allah, sehingga tidak boleh dihinggapi oleh kotoran terutama Hasud.


K. Zen Graksan menjelaskan apabila Ruh Idhofi ini hidup maka "ora ana cilaka kang matak nyilakani" artinya tidak akan ada bencana, cobaan, kerepotan yang akan merusak jisim, hati dan imannya.

Mudrik melantunkan sebuah konsep melatih Ruh Idhofi yang terpelihara melalui sebuah nadzom;

Awan bengi dedongane emong cilaka 
Yen pestene ora bakal ngrusak dika
Kabeh Kodar Allah rosul kang bagihi
Tapi wong mukmin digenti lan dikasihi

Pada padane sira blai manfaati
Sebab sirane awan bengi eling gusti
Eling Allah kudu ana aturane
Maca donga sira sadurunge turune

Arep turu aja buru buru bantal
Tangi turu aja buru buru nyrantal 
Guru ngatur arep turu maca wiridan
Tangi turu dodok jentul maca takbiran

Tangi turu maca takbir nuhun rohmat
Allah ngraksa kesusahan dunya akherat
Ana suarane turune aja kalepasen
Kon tafakkur ning pengeran aja bosen


2 comments:

  1. Dibaca saat kpn..kang

    ReplyDelete
  2. menurut beberapa sepuh doa tersebut minimal dibaca sebagai tambahan doa mau tidur.
    Allahumma naqtu dinur aub aube Allah, la ilaha illallah muhammadurrosulullah saw. Allahumma ruh madep cahya ngadeg huripku cahya ning ruh ruh huripku cahya ning Allah, somad somud kelawan ruh idofi jisim ngadeg huripku cahya ning ruh ruh huripku cahya ning Allah ya rohman ya rohim ya ghoffur ya quddus ya azizu ya karimu ya Allah

    ReplyDelete

Post Top Ad