Amalan Bulan Sya'ban dalam Tuntunan Syekhuna - Kang Aim Cimandor

Terbaru

Post Top Ad

Thursday, February 22, 2024

Amalan Bulan Sya'ban dalam Tuntunan Syekhuna

(Kang Aim, 22/02/2024) Bulan Sya'ban adalah momen berkumpulnya Jama'ah Asy-Syahadatain dari seluruh peloksok negeri dalam rangka Tawassul di Masjid Agung Demak pukul 13.00 pada hari Senin setelah Nishfu Sya'ban.


Syekh Zamakhsyari Bantengmati Demak 


Abah KH. Idris Anwar dan Romo Yai Masrukhin mengisahkan bahwa awal mula tawassul di Masjid Agung Demak ini dilaksanakan oleh Syekhuna beserta Syekh Zamakhsyari Demak, dan Syekhuna mewasiatkan kepada Syekh Zamakhsyari untuk meneruskan tawassul ini setiap tahunnya.

Menurut Ki Sutajaya acara Tawassul Rowah ini adalah Hajatannya Raden Fatah dan yang mengundang (ngaturi) adalah Syekhuna, sehingga menjadi momen yang luar biasa karena yang sedang hajatan orang luar biasa dan yang mengundang juga orang luar biasa.

Pada bulan Sya'ban Syekhuna menuntun santrinya untuk membaca "Ya nur ya mubin ..........sampe.... minadzdzolimin 115 kali"  selama 15 hari yang dimulai dari tanggal 1 rowah. dan pada malam Nishfu Sya'ban Syekhuna menuntun santrinya untuk membaca Surat Yasin tiga kali, yang pertama berdoa memohon diparingi Tetep iman islam slamet dunya akherat dunya akherat slamet, yang kedua memohon gusti nuhun waras badan panjang umur nuhun selamet serta aman subur makmur, dan yang ketiga memohon gusti nuhun panjang umur jembar rizki mugi Allah nolak blai sa'puniki.

Mengenai Sholat Nishfu Sya'ban dimunjul tidak melaksanakannya, namun Abah KH. Idris Anwar melaksanakan Sholat Nishfu Sya'ban sebelum pembacaan Yasin, menurut beliau ini atas perintah Syekhuna.

Pada hari Jumat Kliwon, 23 Februari 2024 ini penulis ikut rombongan Syarifah Maryam binti Umar bin Yahya dalam Ziarah Walisongo dan langsung menghadiri Tawassul di Masjid Romo Yai Masrukhin dan Tawassul Rowah di Masjid Agus Demak pada Senin, 26 Februari 2024.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad