Do'a bepergian dalam pandangan para sepuh - Kang Aim Cimandor

Terbaru

Post Top Ad

Wednesday, December 28, 2016

Do'a bepergian dalam pandangan para sepuh

(Kang Aim, Cirebon 29/12/2016) "Bismillahi Salamun Salamun Slamet Slata Slutu Wutu" Kalimat sederhana ini sering didengar dalam kalangan Jama'ah Asy-Syahadatain, sehingga menjadi target pencarian saya dalam memahami hal tersebut. Dan ternyata kalimat tersebut memiliki dua bacaan yang berbeda yaitu pertama: "Bismillahi Salamun Salamun Slamet Slata Slutu Wutu" dan yang kedua adalah "Bismillahi Slaman Slumun Slamet Slata Slutu Wutu".

KH. Abdurrasyid (Abah Rasyid) dalam tulisannya menjabarkan bahwa kalimat pertama adalah cara/metode nenuhun kepada Syekhuna agar dibimbing dalam segala hal yaitu dengan cara dibaca selama satu minggu dengan jumlah tergantung pada hari lahir si pembaca, terhitung dari hari Ahad jumlahnya 101, senin 102 dan seterusnya sampai sabtu 107.

Ki Suta Jaya memaparkan bahwa bacaan yang kedua tersebut adalah bacaan yang disampaikan oleh Gusti Syarif saat Ki Suta hendak berjalan menuju gunung ciremai, sehingga selamat sampai ratusan tahun.

KH. Idris Anwar menjelaskan bahwa bacaan tersebut adalah bacaan sebelum bepergian, kalimat pertama dalam perjalanan beribadah, karena membutuhkan bimbingan yang tepat. dan kalimat kedua untuk perjalanan kasab dan muhasabah, karena membutuhkan keselamatan dari godaan dunia.

K. Zen Graksan menjelaskan bahwa kedua kalimat ini memiliki fungsi yang sama, dan yang membedakannya adalah kalimat pertama merupakan produk baru (zaman muhsin) sedangkan kalimat kedua adalah produk lama yaitu zaman dzohir, dan fungsi dari keduanya adalah sama yaitu memohon pengawalan dari yang manun.


Mudrik menambahkan sebuah aturan bepergian dengan sebuah nadzom;

Waktu metu sing umah maca syahadat
Niat gelar agama islam ingkang kuat
Terus maca Iza Ja'a sa'tutuge
Maca Tasbih lan Istighfar penetege

Aja lali sira maca terus-terusan
Malaikat pada ngawal bebarisan
Lamon lali sira maca kalimahe
Syetan ngawal penuh baris sing umahe

Dari pemaparan tersebut dapat kita pelajari apa yang harus kita jalankan, semoga bermanfaat dan selalu mendapatkan bimbingan dari Syekhuna.   

Komentar harap ditulis pada kolom dibawah ini............

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad